(27.05.2018) Sistem
pendinginan/pendinginan mesin mobil,pada kendaraan yang sering kita pakai pasti
dilengkapi beberapa sistem yang mendukung kerja mesin,salah satunya adalah
sistem pendingin,dan pada kesempatan hari ini saya akan membahas materi sistem pendingin
ini sobat,tidak usah lama-lama lagi kita langsung masuk ke materi...
Definisi sistem pendingin.
Sistem pendingin adalah sistem yang
terdapat pada kendaraan yang berfungsi untuk :
- Pertama fungsi sistem pendingin adalah untuk menjaga
suhu kerja mesin tetap stabil atau tetap pada suhu kerjanya.
- Kedua berfungsi untuk menyerap panas yang berlebihan
yang dihasilkan oleh mesin.
Macam-macam sistem pendingin :
- Jenis pendinginan udara.
Pada tipe ini sistem pendinginannya menggunakan
media sirip-sirip yang terdapat pada dinding silinder,sistem pendingin tipe
udara ini banyak ditemukan pada kendaraan bermotor,tapi kendaraan bermotor yang
sekarang sudah banyak ditemui sistem pendinginan yang menggunakan media air
sebagai media pendinginnya,dan mobil ada juga yang masih menggunakan media
sirip-sirip untuk media sistem pendinginannya,contohnya : mobil VW beetle.
Kelebihan pendingin udara :
- Komponennya lebih sedikit.
- Perawatan yang minimalis atau sedikit.
- Tidak memakan tempat.
- Konstruksi sederhana.
- Harganya yang relatif murah.
Kekurangan pendingin udara :
- Pendinginan relatif tidak merata.
- Suara berisik yang ditimbulkan dari getaran
sirip-siripnya.
Cara kerja sistem pendinginan udara :
Saat mesin mulai hidup,panas yang dihasilkan
dari pembakaran langsung diteruskan ke dinding silinder atau sirip menuju ke
luar dengan cepat.
- Jenis pendingin radiator (air).
Pada sistem pendinginan tipe air ini sudah
menggunakan perantara air sebagai media pendingin mesin dan sistem pendinginan
air ini banyak ditemukan pada mobil-mobil sekarang ini.
Kelebihan pendinginan air :
- Pendinginan lebih merata dan stabil.
- Pendinginan lebih efektif.
- Memiliki titik didih yang relatif tinggi.
- Suara halus dan tidak berisik.
- Pengendalian panas relatif lebih baik
Kekurangan pendinginan air :
- Bobot kendaraan bertambah.
- Komponennya relatif lebih banyak.
- Perawatan komponen yang lebih rumit.
Cara kerja pendinginan air :
Saat mesin mulai hidup,maka pompa radiator
otomatis akan ikut berputar dikarenakan gerak rotasi dari poros engkol yang
juga menggerakkan kipas dan pompa radiator,karena terjadinya kevacuman didalam
blok silinder (water jacket),kemudian air radiator mengalir dari bagian bawah
radiator dan masuk ke blok silinder dikarenakan tekanan yang dihasilkan oleh
pompa radiator,selama mesin masih dalam keadaan dingin maka air akan terus
disirkulasikan didalam blok silinder dengan keadaan katub thermostat masih
tertutup,kemudian saat mesin sudah mencapai suhu normal mesin (80-90°C) katub
thermostat akan mulai membuka dan air panas dari dalam blok silinder dimasukkan
ke bagian atas radiator dan beberapa air akan masuk ke reservoir tank,kemudian air
panas didalam radiator didinginkan lewat kipas,dan air dingin akan masuk lagi
didalam silinder dan air radiator bersirkulasi terus-menerus secara
berulang-ulang,dan apa bila sirkulasi radiator tidak bekerja secara normal
cepat bawa kebengkel terdekat,agar cepat diketahui troublenya dan bisa diatasi
(biasanya yang sering terjadi pompa sudah berkarat atau rusak)
Komponen-komponen sistem
pendinginan :
- Radiator mobil,berfungsi sebagai wadah atau tempat air
dan untuk membantu proses pendinginan air,dan bila air radiator berkurang
bukan karena,tetapi karena menyerap panas dari dinding silinder.
- Kipas pendingin mobil atau fan,berfungsi sebagai
perantara pendingin air di dalam radiator,dan perlu sobat ketahui bahwa
kipas radiator ini bekerja dengan cara menghisap aliran udara panas,dan
pendinginan bekerja lebih baik lagi ketika mobil berjalan radiator akan
mendapat hembusan udara dari depan dan kipas atau fan-nya bekerja untuk
menyedot udara panas dengan begini pendinginan air akan lebih efektif dan
cepat.
- Reservoir tank,berfungsi sebagai tempat cadangan air
pendingin.
- Termostat,thermostat mobil berfungsi untuk mengatur
buka tutup sirkulasi cairan pendingin mesin,cara kerja thermostat pada
saat air pendingin mesin masih masih dingin thermostat akan tertutup dan
air akan terus bersirkulasi di dalam blok silinder (water jacket),dan bila
air pendingin mesin sudah mencapai suhu kerja (80-900C) maka
thermostat akan mulai membuka dan mengembalikan air panas dai blok ke
radiator.
- Water jacket,sebagai wadah air didalam blok
silinder,atau tempat bersirkuladinya air pendingin didalam blok silinder.
- water pump/pompa air berfungsi sebagai pembangkit
tekanan dan untuk mensirkulasikan air didalam blok silinder secara terus
menerus.
- Selang radiator,berfungsi sebagai penghubung antara
upper dan lower radiator dengan blok silinder,atau juga berfungsi sebagai
jalan air.
- Tutup radiator,berfungsi untuk menjaga cairan di dalam
radiator agar tidak tumpah,tutup radiator juga berfungsi sebagai katub
(katub tekan dan katub vacum).
- V-belt,berfungsi untuk meneruskan putaran atau mengirim
gerak putar menjadi gerak rotasi dari poros engkol untuk menggerakkan
kipas dan pompa radiator.
10.
Pulley,sebagai perubah
arah dari gaya yang diberikan dan mengirimkan menjadi gerak rotasi,atau juga
berfungsi sebagai dudukan v-belt.
Nah! Itulah tadi artikel
tentang sistem pendinginan pada,Sekian dulu semoga bermanfaat!!
Komentar
Posting Komentar